Site Developed by PT. RHP Cipta Digital
Tips Menjaga Coating agar Panjang Umur | Sinar Selaras

Tips menjaga coating perlu Anda pahami supaya barang yang dilapisi tetap awet dan panjang umur. Misalnya barang-barang coating seperti perabotan, elektronik, atau objek harian lainnya, nyatanya butuh dirawat secara berkala loh. Pemeliharaan menjadi penting untuk dilakukan guna menjaga daya tarik estetika serta memberikan perlindungan yang tahan lama. 

Sumber Foto: Freepik

Lewat artikel ini, Anda akan mempelajari bagaimana cara menjaga barang-barang yang di coating supaya investasi Anda atas barang tersebut bersifat jangka panjang. Simak penjelasannya di artikel berikut ini!

6 Tips Menjaga Coating agar Panjang Umur

Berikut enam tips menjaga coating supaya barang yang dilapisi tetap awet dan panjang umur: 

1. Kenali Jenis Coating 

Pertama, sebelum memulai perawatan, penting untuk Anda ketahui terlebih dahulu jenis coating yang ada di produk. Misalnya cat, lapisan serbuk, atau jenis coating lainnya. Hal ini penting untuk diketahui karena beda jenis coating akan memerlukan teknik perawatan yang berbeda juga. Jadi, pastikan Anda tidak melewati langkah pertama ini.  

2. Rutin Melakukan Pembersihan Berkala 

Kedua, menetapkan rutin pembersihan berkala adalah hal yang penting. Lakukanlah pembersihan dengan lembut dan menggunakan cairan pembersih yang ringan untuk membantu menghilangkan kotoran, tetapi tetap mencegah pembentukan zat merusak lapisan.

3. Hindari Bahan Kimia Keras

Sumber Foto: Freepik

Ketiga, hindarilah bahan kimia yang terlalu keras karena dapat merusak lapisan. Jika Anda ragu, cobalah riset terlebih dahulu sebelum membeli bahan kimia pembersih atau mengikuti panduan yang disarankan oleh agen-agen. 

4. Langkah-langkah Perlindungan

Keempat, cobalah mempraktikkan langkah-langkah melindungi objek yang di coating misalnya dengan menaruh alas gelas, alas meja, atau pad sekalipun untuk melindungi permukaan yang di coating dari goresan.

5. Memperhatikan Suhu dan Kelembaban

Ruangan yang memiliki suku ekstrim dan terlalu lembab akan merusak barang yang di coating. Biasanya benda akan mengalami pengelupasan, perubahan warna, atau pembengkokkan sekalipun. Jadi cobalah mempertimbangkan suhu ruangan sebelum Anda hendak menaruh barang coating

6. Pemeriksaan Berkala

Terakhir, pastikan Anda melakukan pemeriksaan secara berkala terhadap barang yang di coating. Dengan demikian, Anda bisa menangani serta dapat mencegah terjadinya kerusakan pada barang kesayangan Anda.  

Jika terdapat perabot coating yang diletakkan di luar, perawatan perlu dilakukan lebih sering dibandingkan yang diletakkan di dalam rumah. Hal sederhananya adalah dengan mengemas atau menyimpan barang apabila keadaan cuaca sedang ekstrim. 

Sedangkan barang elektronik atau peranti coating, Anda bisa mengelap permukaan dengan kain lembut supaya barang terus terlihat estetik. Ingat, jangan sampaikan menggunakan bahan abrasif yang bisa mengurangi estetika coating

Apabila barang coating Anda mulai menurun kualitasnya, bisa loh memberikan sentuhan kecil untuk mengatasi kerusakan-kerusakan minim. Sesederhana dengan menyediakan tool kit coating dan segara menambal cacat-cacat kecil. Namun, jika barang coating dirasa membutuhkan pembaharuan secara profesional, Anda bisa hubungi Sinar Selaras untuk mendapat layanan coating terbaik.