Site Developed by PT. RHP Cipta Digital
Jangan Tunggu Rusak! 3 Cara Inspeksi Coating | Sinar Selaras

Sumber Foto: Freepik

Coating atau pelapisan pada produk tidak hanya dapat memberikan perlindungan tambahan, tetapi juga meningkatkan estetika suatu barang. Namun, seiring berjalannya waktu, lapisan produk bisa mengalami kerusakan atau aus. Ada banyak hal yang dapat mempengaruhi kualitas coating, misalnya paparan suhu yang ekstrim baik panas maupun dingin, atau cara pemakaian yang salah. Alhasil, kualitas coating jadi menurun dan tidak sebagus awal mula dilapisi. 

Pada artikel ini, Anda akan diajarkan cara menginspeksi kerusakan pada barang yang dilapisi. Dengan memahami serta mengaplikasikan langkah-langkah ini di rumah, Anda dapat mengetahui kapan pelapisan pada produk harus diganti dengan yang baru. Mari kita eksplorasi bagaimana melakukan inspeksi dan teknik perbaikan pelapisannya.

3 Cara Inspeksi Coating pada Barang yang Dilapisi

Tidak perlu susah-susah ke bengkel atau pabrik hanya untuk mengecek kondisi coating pada barang yang Anda miliki. Jika memang ditemukan kerusakan, baru serahkan ke produsen agar segera diperbaiki. Lakukan tiga langkah mudah ini sebagai cara inspeksi coating di rumah:

1. Pemeriksaan Visual

Langkah pertama untuk memulai inspeksi adalah dengan memeriksa visual seluruh permukaan barang yang dilapisi. Carilah tanda-tanda goresan, retak, atau hilangnya lapisan. Pastikan Anda menggunakan pencahayaan yang cukup supaya kerusakan dapat benar-benar terlihat dengan jelas dan coba fokus pada area-area yang rentan terkena benturan atau aus. 

2. Uji Adhesi

Setelah melakukan pemeriksaan visual, Anda juga bisa melakukan uji adhesi pelapisan. Gunakan pisau plastik atau alat lembut lainnya, hanya untuk melihat apakah coating pada produk mudah terkelupas atau mengelupas. Apabila ditemukan tanda-tanda adhesi yang buruk, bisa jadi itu adalah sebuah indikasi bahwa coating perlu perbaikan.  

3. Periksa Warna dan Kilap

Sumber Foto: Freepik

Terakhir, Anda bisa lakukan perbandingan antara warna serta kilap pelapisan ketika awal mula dipasang dengan yang sekarang. Apabila terjadi perubahan yang signifikan, berarti kerusakan telah terjadi. Pastikan Anda melakukan inspeksi pada produk yang sering terkena paparan sinar matahari atau kondisi lingkungan ekstrim. 

DIY Perbaikan Coating Barang yang Rusak

Memperbaiki coating yang sudah mulai rusak bisa dilakukan di rumah loh! Anda bisa terapkan lima langkah Do It Yourself Coating barang yang rusak, simak cara-caranya:

1. Pembersihan dan Persiapan

Pertama, bersihkah permukaan barang secara perlahan dengan menggunakan kain yang lembut dan pembersih non-abrasif. Pastikan tidak ada debu atau kotoran yang menempel. Setelah itu, amati apakah terdapat bekas karat atau korosi yang perlu dihilangkan sebelum dilakukan perbaikan.  

2. Pengamplasan Ringan

Kedua, apabila terdapat goresan atau kerusakan ringan. Anda bisa menggunakan kertas amplas halus untuk menghaluskan permukaan tersebut. Namun, perlu dipastikan bahwa Anda tidak mengamplas secara berlebihan karena bisa merusak coating yang masih baik. Bersihkan juga sisa-sisa debu amplasan serta pastikan permukaan sudah halus sebelum melanjutkan ke tahap selanjutnya.

3. Perbaikan dengan Cat atau Pelapisan Tambahan

Sumber Foto: Freepik

Ketiga, silahkan pilih cat atau pelapis yang sesuai dengan jenis atau warna, sama saat ketika di coating di awal. Aplikasikan cat secara perlahan dengan menggunakan kuas atau spons kecil. Pastikan pelapisan tambahan menyatu secara homogen dengan pelapisan yang ada. Hindari pengaplikasian yang berlebihan.

4. Penggunaan Kit Perbaikan Spesifik Produk

Keempat, biasa beberapa produk pelapisan menyediakan kit perbaikan yang disertakan dengan instruksi. Ikuti petunjuk dengan cermat untuk mendapatkan hasil yang optimal. Adapun, kit perbaikan biasanya mencakup bahan dan alat yang diperlukan untuk memperbaiki goresan atau kerusakan kecil.

5. Perawatan Preventif

Terakhir, untuk mencegah kerusakan lebih lanjut, pertimbangkan untuk menerapkan lapisan pelindung tambahan setelah perbaikan. Ini dapat membantu melindungi barang dari kondisi lingkungan yang merugikan.

4 Manfaat Cara Inspeksi Coating dan Perbaikan Rutin

Setelah memahami cara inspeksi dan teknik-teknik perbaikan coating secara DIY, berikut empat manfaat yang Anda bisa dapatkan dari melakukan inspeksi serta perbaikan secara rutin. 

1. Pertahankan Estetika

Dengan melakukan inspeksi dan perbaikan rutin, Anda dapat menjaga keindahan dan penampilan produk yang dilapisi.

2. Perpanjang Umur Produk

Sumber Foto: Freepik

Tindakan perbaikan tepat waktu dapat membantu memperpanjang umur produk dan mencegah kerusakan lebih lanjut.

3. Mencegah Korosi

Perbaikan kerusakan bisa mencegah korosi atau kerusakan lebih lanjut yang dapat mempengaruhi integritas struktural barang.

4. Pemeliharaan Nilai

Produk yang terawat dengan baik akan mempertahankan nilai dan fungsinya, menjadikannya investasi yang lebih berkelanjutan.

Melalui pendekatan proaktif terhadap inspeksi dan perbaikan pelapisan, Anda dapat memastikan bahwa produk-produk yang dimiliki tetap berfungsi dengan baik dan tampil menarik. Langkah-langkah sederhana ini tidak hanya mencegah kerusakan lebih lanjut tetapi juga memastikan nilai dan estetika produk tetap optimal.

Dapatkan layanan plastic dan metal coating terbaik hanya di Sinar Selaras!