Site Developed by PT. RHP Cipta Digital
Mesin Moulding: Perawatan & Masalah Umum | Sinar Selaras

Sumber Foto: Freepik

Pada artikel-artikel sebelumnya, Anda sudah mengetahui lebih dalam mengenai layanan yang disediakan oleh Sinar Selaras, salah satunya moulding alias pencetakan. Layanan pembentukan (moulding services) adalah proses pembentukan atau dikenal dengan istilah ‘molding’, dimana industri manufaktur membuat suatu objek dengan menggunakan cetakan khusus. 

Layanan pembentukan dibagi menjadi beberapa kategori, tetapi plastic injection menjadi jenis yang paling populer dan spesialisasi Sinar Selaras. Plastic injection moulding menyuntikkan cairan plastik ke rongga cetakan untuk membuat suatu bentuk. 

Dalam artikel ini, Sinar Selaras ingin menjelaskan bagaimana perawatan dilakukan terhadap mesin-mesin yang melakukan plastic injection, sehingga dapat terus bekerja secara optimal. Simak penjelasannya berikut ini!

3 Langkah Perawatan Rutin terhadap Mesin Moulding

Berikut tiga langkah utama dari perawatan terhadap mesin yang dilakukan oleh Sinar Selaras. 

1. Pembersihan dan Pelumasan

Pertama, langkah pembersihan harus dilakukan secara teratur pada elemen-elemen mesin, hal ini termasuk sekrup pengumpan, tutup cetakan, hingga sistem pendinginnya. Adapun, langkah ini dilakukan untuk membantu mencegah akumulasi residu yang berpotensi mengganggu kinerja mesin. 

Setelah dibersihkan, pastikan juga pelumasan berjalan dengan baik dan harus fokus pada bagian-bagian yang mengalami gesekan, misalnya mekanisme tuas dan poros.   

2. Pemeriksaan Elemen Pemanas

Sumber Foto: Freepik

Setelah dilakukan pembersihan dan pelumasan, pemeriksaan elemen panas juga dilakukan. Pemeriksaan ini turut dilakukan pada sensor suhu dan dilakukan secara berkala. Langkah kedua turut memainkan peran penting dalam perawatan karena harus dipastikan bahwa mesin berfungsi dengan baik guna mendukung proses pemanasan plastik secara konsisten dan optimal. 

Apabila ditemukan elemen yang sudah aus atau mengalami kerusakan, tentunya akan dilakukan penggantian supaya menghindari penurunan efisiensi.    

3. Kalibrasi dan Pemeliharaan Sistem Kontrol

Terakhir, dilakukan kalibrasi teratur pada sistem kontrol suhu, tekanan, serta waktu injeksi, supaya presisi tetap terjamin dalam, setiap siklus produksi. Pemeriksaan serta pembaruan perangkat lunak dan firmware mesin juga diterapkan agar sesuai dengan spesifikasi terbaru.   

Menghindari Masalah Umum dalam Plastic Injection

Perawatan mesin tidak hanya untuk sekedar mesin berjalan, tetapi juga untuk menghindari masalah-masalah umum yang berpotensi terjadi. Berikut 5 hal yang harus diperhatikan untuk menghindari masalah umum dari proses plastic injection

1. Pemantauan Tekanan Injeksi

Pertama, pemantauan terhadap tekanan injeksi selasa proses moulding diterapkan harus diterapkan. Pasalnya terdapat kemungkinan terjadi peningkatan atau penurunan tekanan secara tiba-tiba. Jika hal ini terjadi, berarti terdapat masalah dalam cetakan ataupun sistem penyemprotan plastiknya.    

2. Kontrol Kelembaban

Kedua, selalu mengontrol kelembaban di sekitar mesin karena kelembaban yang berlebih dapat mempengaruhi kualitas produk akhir. Di sisi lain, bisa juga terjadi masalah munculnya gelembung udara dalam cetakan.   

3. Pemeliharaan Cetakan

Ketiga, pemeliharaan cetakan harus dilakukan supaya menghindari terjadinya penumpukan residu plastik yang dapat merusak kualitas hasil produksi. Cetakan harus dilindungi dan dirawat dengan hati-hati, salah satunya juga dengan memeriksa keausan pada cetakan.  

4. Pemantauan Suhu Mesin

Keempat, suhu mesin harus selalu dijaga supaya tidak terjadi masalah dari segi kekurangan atau kelebihan plastik yang signifikan. Suhu mesin harus selalu dikontrol untuk mengurangi masalah tersebut.   

5. Pelatihan Operator

Sumber: Freepik

Terakhir, operator turut memainkan peran penting dalam memastikan semua mesin berjalan dengan baik. Maka dari itu, pastikan operator mesin mendapatkan pelatihan yang memadai supaya terampil dalam mengidentifikasi potensi masalah lebih awal dan melakukan intervensi apabila ditentukan. 

Keuntungan dari Panduan Perawatan Mesin Moulding yang Efektif

Selain memastikan kinerja mesin bekerja secara optimal, Anda juga perlu mengetahui keuntungan-keuntungan yang dapat diperoleh dari perawatan yang efektif. Berikut lima keuntungannya.

1. Efisiensi Produksi yang Tinggi

Lewat panduan perawatan yang efektif, Anda dapat mencapai tingkat efisiensi produk yang tinggi dengan mengurangi downtime serta meningkatkan output. Maka dari itu, penting untuk menjaga mesin agar selalu dalam kondisi optimal.  

2. Kualitas Produk yang Konsisten

Perawatan rutin juga akan membantu menjaga parameter produksi pada tingkat yang tepat, dimana produksi plastik dapat dilakukan dengan kualitas yang konsisten serta sesuai. 

3. Peningkatan Umur Mesin

Tentunya ketika perawatan dilakukan secara rutin, umur mesin pun menjadi lebih panjang. Hal ini berhubungan dengan pengoptimalan investasi dalam peralatan produksi

4. Pencegahan Masalah Dalam Produksi

Sumber Foto: Freepik

Dengan memantau serta merawat mesin moulding secara berkala, Anda akan mencegah masalah umum. Masalah-masalah tersebut termasuk produk yang cacat, kesalahan injeksi, ataupun kerusakan pada cetakan.

5. Keamanan Operasional

Terakhir, mesin yang dirawat secara teratur cenderung memiliki tingkat keamanan operasional yang lebih tinggi, sehingga mengurangi risiko kecelakaan dan insiden di tempat kerja. 

Panduan perawatan mesin plastic injection bukan hanya tentang menjaga mesin tetap berjalan, tetapi juga memastikan bahwa setiap siklus produksi berkontribusi pada pencapaian kualitas produk yang optimal. 

Panduan ini diperhatikan dengan baik oleh Sinar Selaras agar dapat menghasilkan kualitas produk yang baik dan optimal untuk Anda. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut seputar layanan moulding dan plastic injection.