Site Developed by PT. RHP Cipta Digital
Plastic & Metal Coating: 3 Alasan Mengapa Penting | Sinar Selaras

Sumber Foto: Freepik

Saat Anda mencari suatu barang, daya tahan serta berapa lama umur barang tersebut dapat bertahan, merupakan hal penting yang harus dipertimbangkan bukan? Di dunia dimana semua barang dapat diproduksi dengan mudah, umur serta ketahanan suatu barang seringkali diabaikan. Padahal, dua faktor tersebut turut menentukan seberapa berkualitas barang yang dijual.

Salah satu cara yang sering diaplikasi untuk memperpanjang umur dan meningkatkan daya tahan barang adalah dengan melakukan coating atau menambahkan pelapis pelindung. Peran pelapis pelindung pada permukaan plastik dan logam sangatlah signifikan karena berfungsi sebagai perisai yang melindungi bahan dari paparan eksternal yang buruk. 

Simak penjelasan artikel ini untuk mengetahui manfaat dari plastik dan metal coating hingga aplikasi dan inovasi yang mendorong kemajuan industri manufaktur lewat metode ini.

3 Manfaat Plastic & Metal Coating

Terdapat tiga manfaat utama dari mengaplikasikan plastik dan metal coating pada barang Anda. Berikut manfaat serta penjelasannya:

1. Tahan Karat

Pertama, salah satu keunggulan yang paling dicari dari coating plastik dan logam adalah kemampuan memberikan ketahanan terhadap korosi. Korosi memang menjadi musuh umum terhadap permukaan logam karena menyebabkan degradasi dari waktu ke waktu. 

Dengan adanya pelapis pada plastik dan logam, maka terdapat penghalang yang mampu mencegah paparan atas udara yang lembab, bahan kimia, dan elemen korosif lainnya. Intinya, coating mampu mencegah hal-hal yang membahayakan integritas material.

2. Memperpanjang Umur suatu Barang

Kedua, dengan adanya lapisan pelindung pada barang Anda, maka secara otomatis produk akan berumur lebih panjang. Tentunya hal ini sangat penting karena konsumen sering memperhatikan daya tahan suatu barang. Sedangkan dalam industrial, daya tahan peralatan akan mempengaruhi efisiensi operasional dan biaya. 

Permukaan yang dilapisi lebih mampu bertahan dalam penggunaan sehari-hari. Dengan demikian, Anda pun bisa mengurangi biaya perawatan ataupun penggantian. 

3. Tahan Cuaca

Terakhir, coating plastik dan logam turut memainkan peran penting dalam melindungi permukaan dari kondisi cuaca yang berpotensi memberikan efek yang merugikan. Adapun yang dimaksud dengan kondisi cuaca adalah paparan sinar matahari yang intens, hujan deras, hingga suhu ekstrim. Pelapis pada permukaan plastik dan metal akan memastikan material serta daya tarik estetika tetap bertahan, terlepas dari paparan faktor lingkungan yang sulit. 

Industri-industri yang Membutuhkan Plastic & Metal Coating

Setelah memahami manfaat dari plastik dan logam coating, berikut sederet industri yang menerapkan proses ini dalam meningkatkan kualitas produknya.

1.Industri Otomotif

Sektor otomotif secara luas mengaplikasikan pelapis plastik dan logam guna melindungi berbagai komponen, misalnya body mobil atau bagian mesin. Selain membuat penampilan kendaraan lebih menarik, coating juga berkontribusi terhadap kinerja dan daya tahan otomotif secara keseluruhan.

2. Elektronika dan Peralatan Rumah Tangga

Di industri elektronika dan peralatan rumah tangga, pelapis plastik dan logam turut digunakan untuk melindungi komponen-komponen yang sensitif. Misalnya dari suhu panas yang ekstrim, kelembaban, dan potensi kerusakan lainnya. Selain dapat meningkatkan umur produk, coating juga memastikan bahwa produk-produk yang dilapis tetap fungsional dalam berbagai kondisi lingkungan. 

3. Infrastruktur dan Konstruksi

Struktur logam yang diberikan coating adalah landasan dari infrastruktur modern. Mulai dari jembatan hingga pipa saluran, lapisan pelindung membantu struktur ini bertahan dari tantangan cuaca, bahan kimia, dan tekanan struktural, sehingga memastikan keamanan dan umur panjang dari barang yang dilapisi. 

Inovasi dalam Teknologi Pelapis Plastik dan Logam

Maraknya aplikasi plastik dan logam coating berhasil mendatangkan inovasi-inovasi baru yang terus mendukung proses tersebut. Berikut dua inovasi yang dikenal dalam coating

1. Nanoteknologi

Integrasi nanoteknologi telah merevolusi dunia coating. Nanopelapis, dengan lapisan ultra-tipisnya, memberikan perlindungan superior, tetapi tetap mempertahankan profil yang ringan dan fleksibel. Inovasi ini sangat signifikan terhadap industri dimana berat suatu barang merupakan hal yang krusial, seperti di bidang kedirgantaraan.

2. Pelapis Ramah Lingkungan

Keberlangsungan atau sustainability merupakan topik yang sering ditekankan belakangan ini. Begitu juga dengan permintaan akan coating yang ramah lingkungan. Hal ini sering dilakukan oleh produsen dengan menerapkan kandungan senyawa organik yang rendah serta formulasi yang ramah lingkungan. Upaya tersebut dilakukan untuk meminimalisir dampak lingkungan dari proses industri ini.  

Sekarang Anda telah memahami manfaat dari plastik dan metal coating, serta industri dan inovasi yang diterapkan dalam proses ini. Dari industri otomotif hingga konstruksi, pelapis ini sangat penting untuk menjaga integritas material di hadapan berbagai tantangan. Dapatkan jasa plastik dan metal coating yang berkualitas hanya di Sinar Selaras!