Site Developed by PT. RHP Cipta Digital
4 Jenis Layanan Moulding dan Keunggulannya | Sinar Selaras

Sumber Foto: iStock & Seaskymedical.com

Layanan moulding adalah proses pembentukan atau dikenal dengan istilah ‘molding’, dimana industri manufaktur membuat suatu objek dengan menggunakan cetakan khusus. Bahan mentah yang dicairkan akan dicetak dan dibentuk menjadi bentuk tertentu sesuai dengan desain yang Anda inginkan.

Untuk mendapatkan keuntungan terbaik dari layanan moulding dan keunggulannya, Anda harus mengetahui terlebih dahulu tipe-tipe layanannya. Simak empat jenis layanan moulding dan penjelasannya dalam artikel berikut ini!

4 Jenis Layanan Moulding dan Keunggulannya 

Sebelum menentukan manakah jenis layanan moulding yang sesuai dengan industri Anda, penting untuk mengetahui tipe-tipe layanan moulding. Berikut beberapa jenis layanan moulding yang sering digunakan.

Jenis-jenis Layanan Moulding

1. Injection Moulding

Pertama, injection moulding yang fokus pada presisi, dimana bahan cair akan disuntik ke rongga cetakan untuk membuat bentuk yang rumit. Keunggulan dari metode ini adalah kemampuannya untuk menampung berbagai jenis bahan, mulai dari plastik sampai logam, sehingga banyak dijadikan pilihan utama bagi industri. Layanan ini dapat Anda jadikan solusi yang serbaguna. 

2. Blow Moulding

Kedua, blow moulding. Layanan ini bisa dpertimbangkan untuk diaplikasikan pada bisnis Anda apabila objek yang dijual bersifat berongga. Pembentukan blowing melibatkan pembengkakan tabung plastik yang dipanaskan, sehingga mengambil bentuk cetakannya. Umumnya, jasa ini digunakan oleh industri botol dan wadah. Blow Moulding dikenal memiliki efisiensi yang tinggi karena dapat menghasilkan pembentukan dalam jumlah besar. Cocok untuk Anda yang bergerak di industri kemasan. 

3. Rotational Moulding

Ketiga, rotational moulding yang merujuk pada proses pembentukan rotasi berputar di didistribusikan secara merata dalam cetakan yang dipanaskan. Layanan ini pas cocok untuk industri Anda yang memiliki produk besar, berongga, dan rumit karena rotational moulding mampu membentuk produk seperti tangki serta furnitur. 

4. Compression Moulding

Terakhir, terdapat compression moulding dimana pembentukan kompresi melibatkan panas dan tekanan pada material komposit, sehingga memastikan bahwa setiap lapisan dapat membentuk dengan sempurna. Layanan ini menjadi andalan dalam industri otomotif dan elektrikal karena keunggulan material komposit. 

Jadi, manakah layanan moulding yang cocok untuk industri Anda? Kini Anda telah memahami bahwa setiap layanan moulding memiliki keunggulannya masing-masing dan wajib disesuaikan dengan produk bisnis Anda. Dapatkan jasa produksi moulding dengan kualitas terbaik hanya dari Sinar Selaras.

Industri-industri yang Membutuhkan Layanan Moulding

Sekarang Anda sudah memahami jenis-jenis layanan moulding, lantas, jasa ini diperuntukkan untuk industri apa saja sih? Berikut empat tipe industri yang membutuhkan layanan moulding

1. Industri Otomotif

Layanan moulding memainkan peran penting untuk membentuk komponen-komponen pada sektor otomotif, baik panel interior ataupun hiasan eksteriornya. Umumnya, jenis moulding yang diterapkan pada industri otomotif adalah injection moulding karena dapat membuat desain otomotif yang ringan serta hemat bahan bakar.

2. Elektronik

Sumber Foto: Freepik

Selain otomotif, industri elektronik yang dekat dengan keseharian Anda juga menggunakan layanan moulding seperti untuk membuat casing, perangkat wearable lainnya, smartphone, dan bahkan laptop. Lewat moulding, komponen yang diminiaturkan dapat dihasilkan dengan presisi, sehingga memastikan semua bagian terintegrasi dengan mulus dalam perangkat elektronik. 

3. Perangkat Medis

Sumber Foto: EnviroTech / emslc.com

Di bidang medis, layanan moulding juga dibutuhkan untuk menghasilkan komponen yang rumit dan steril. Misalnya untuk membuat perangkat jarum suntik, implan, hingga peralatan diagnostik. Dengan adanya berbagai tipe moulding, hal ini memungkinkan penggunaan berbagai material medis sekaligus mampu memenuhi standar keamanan yang ketat.  

4. Industri Manufaktur

Sumber Foto: Freepik

Terakhir, ada industri manufaktur yang juga berketergantungan dengan layanan moulding misalnya untuk membuat komponen atau suku cadang tertentu, sesuai produk yang dijual. Di satu sisi, ketahanan bahan yang digunakan pada layanan moulding juga memastikan daya tahannya. 

Jadi, setelah membaca artikel ini, manakah layanan moulding yang cocok untuk industri Anda? Kini, Anda telah memahami bahwa setiap layanan moulding memiliki keunggulannya masing-masing dan wajib disesuaikan dengan produk yang dijual. Dapatkan jasa moulding dengan kualitas terbaik hanya dari Sinar Selaras.